WordPress: Pengertian, Jenis Website, Kelebihan & Kekurangan

Blog Programming & Tekno

wordpress

Bagi pelaku bisnis, memiliki website serta blog perusahaan kini bukan lagi pilihan, melainkan tuntutan perkembangan zaman. Wordpress menjadi salah satu pilihan terpercaya untuk membuat serta mengelola web atau blog tanpa harus menguasai pemrograman.

Wordpress adalah sistem manajemen konten (CMS) yang populer, dengan lebih dari 43% website di dunia menggunakannya. Mengapa bisa sepopuler itu hingga mampu meninggalkan pesaing-pesaing lain seperti Joomla, Drupal, hingga Shopify

Melalui artikel ini, kita akan mempelajari semua hal tentang Wordpress. Mulai dari pengertian Wordpress, sejarahnya, jenis website yang bisa dikembangkan, hingga kelebihan dan kekurangannya.

 

Pengertian WordPress

WordPress adalah salah satu Content Management System (CMS) yang dirilis pada tahun 2004. CMS sendiri dapat dipahami sebagai platform online untuk membangun website atau aplikasi. Artinya, kamu bisa membuat website bisnis, toko online, maupun blog dengan CMS seperti Wordpress ini.

Wordpress memungkinkan kamu maupun pengguna lain untuk membuat dan mempublikasikan konten tanpa keahlian khusus dalam pemrograman. Fitur WordPress menggunakan tema untuk mengubah tampilan platform serta plugin yang dapat menambahkan fungsi dengan mudah.

Berbagai fitur WordPress dapat digunakan secara gratis karena bersifat open-source. Ini memberikan akses kepada pengguna untuk membuat website berkualitas dengan tampilan modern serta fitur yang beragam. Meskipun tetap saja, layanan gratis ini memiliki batasan-batasan tertentu.

Namun bila kamu menginginkan layanan yang lebih lengkap tanpa limitasi, kamu bisa melakukan upgrade ke Wordpress berbayar. Peningkatan ini memberikan kamu opsi domain sesuai keinginan, serta berbagai fitur, tema, dan plugin yang tidak kamu dapatkan dalam mode Wordpress gratis.

 

Sejarah WordPress

Pada tahun 2003, developer Matt Mullenweg dan Mike Little, mulai membangun WordPress untuk menggantikan software b2/cafeblog yang tidak lagi dikembangkan. Versi pertama WordPress dirilis pada Januari 2004, dengan sejumlah fitur yang berbeda dengan Wordpress masa kini. 

Sejak itu, WordPress telah mengalami berbagai inovasi dan terus dikembangkan serta dikelola oleh komunitas yang terdiri dari ribuan orang. Versi WordPress terbaru diluncurkan setiap 2 atau 3 bulan, dengan pembaruan fitur maupun sistem keamanan.

 

Jenis Website Menggunakan WordPress

WordPress sebagai CMS yang fleksibel dengan tema dan berbagai plugin mampu digunakan untuk membangun berbagai jenis website. 

  1. Blog

Sejak kemunculannya hingga saat ini, WordPress tetap menjadi platform blogging yang unggul. Dengan berbagai fitur Wordpress, memudahkan kamu untuk membuat tulisan serta menambahkan gambar maupun video.

  1. Website Bisnis

Banyak bisnis berskala kecil hingga besar menggunakan WordPress untuk website mereka. Wordpress memungkinkan kamu membangun website profesional yang ramah pengguna dengan memanfaatkan sejumlah tema dan plugin.

  1. Toko Online

Dengan plugin WooCommerce, WordPress dapat digunakan untuk membuat toko online dengan berbagai fitur. Mulai dari keranjang belanja, halaman checkout, pembayaran, dan lain sebagainya.

  1. Website Portofolio

Wordpress memungkinkan para pekerja seni untuk menampilkan karya dengan membuat website portofolio. Berbagai pilihan tema dan fitur galeri mampu menonjolkan website portofolio kamu untuk membangun branding yang sesuai.

 

Kelebihan dan Kekurangan WordPress

WordPress adalah platform yang mudah digunakan dan user-friendly serta memiliki berbagai kelebihan. Namun di sisi lain, terdapat beberapa aspek yang menjadi kekurangan Wordpress.

Kelebihan WordPress

- Desain Fleksibel

Wordpress memiliki ribuan tema untuk tampilan yang mudah digunakan sesuai kebutuhan serta responsif dengan berbagai perangkat.

- SEO Friendly

Website yang dikembangkan dengan Wordpress telah mempertimbangkan aspek-aspek ramah SEO.

- Hemat Biaya

Wordpress dapat digunakan secara gratis maupun berbayar, terutama untuk keperluan hosting dan domain dengan harga terjangkau.

- Kemudahan Setup, Update & Pengelolaan

Wordpress dapat diperbarui dengan sekali klik serta tidak membutuhkan keahlian khusus dalam pemrograman.

- Penambahan Fungsi

Wordpress memiliki lebih dari 55.000 plugin untuk menunjang berbagai fungsi dalam website kamu.

 

Kekurangan WordPress

- Faktor Keamanan

Banyak website yang dibuat dengan Wordpress, sehingga rentan terhadap peretasan. Bahkan lebih dari 90% serangan diarahkan terhadap website besutan Wordpress.

- Konten Pihak Ketiga

Plugin dan tema dikembangkan oleh developer pihak ketiga sehingga rentan terhadap kesalahan. Kamu perlu membaca detail deskripsi dan review pengguna bila ingin menggunakan tema atau plugin baru.

- Aspek Kecepatan

Kecepatan website akan berkurang seiring penggunaan. Menginstal banyak plugin juga dapat memperlambat kecepatan loading.

Untuk mengatasi kekurangan di atas, kamu perlu menginstal plugin keamanan. Kamu juga harus selalu memeriksa plugin atau tema sebelum menginstalnya. Selain itu, mengurangi jumlah plugin dapat membantu meningkatkan kecepatan loading website.

Baca juga: Membuat Website: Pahami Pengertian, Unsur & Jenisnya

Kini kamu telah mengetahui betapa Wordpress dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan website. Dengan memahami berbagai kelebihan yang dimiliki, kamu dapat memaksimalkan pengembangan website sesuai kebutuhan. Untuk mengatasi kekurangannya, kamu dapat menyusun sejumlah strategi yang tepat.

Jangan lewatkan peluang untuk mewujudkan website unggulan kamu dengan WordPress! Kunjungi website KreatorMarket dan temukan jasa pengembangan website Wordpress dari para freelancer profesional! Mulailah perjalanan kesuksesanmu bersama potensi Wordpress yang tak terbatas dengan klik di sini!

Kategori
Cara Penggunaan
Produk
Tentang Kreator Market
Hubungi Kami
KreatorMarket
© 2023 - PT KREATOR MARKET INDONESIA