Video Editing: Kenali Pengertian Editing Video & Aplikasinya

Blog Video & Animasi

editing video

Editing merupakan bagian tak terpisahkan dari proses kreatif dalam bidang media, baik berupa foto maupun video. Pengambilan foto serta video perlu melalui proses editing untuk menyempurnakan hasil sesuai yang diharapkan.

Editing video khususnya dalam pembuatan konten diperlukan untuk mengolah video mentah hasil perekaman (recording). Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian editing video, tujuannya, dan aplikasi yang biasa digunakan dalam dunia pengeditan video.

 

Pengertian Video Editing

Editing video adalah tahap penting dalam produksi video yang dilakukan setelah proses perekaman. Proses editing video dikerjakan oleh video editor yang mengubah video mentah menjadi sebuah rangkaian klip video siap tayang. 

Video editing adalah proses yang panjang dimulai dari penyeleksian, penambahan judul atau teks, variasi, transisi, pemberian efek, hingga mengubah tampilan warna. Penyuntingan ini menghasilkan video dengan tampilan dan format sesuai yang dibutuhkan.

Dalam video editing, memungkinkan kamu untuk memilih bagian yang ingin disertakan dari rekaman asli maupun menghapus bagian yang kurang jelas, buram, atau tidak fokus. Kamu juga dapat mengoreksi gelap-terang maupun warna video yang kurang pas.

Selain itu, kamu dapat menggabungkan foto ke dalam rekaman video atau mengambil gambar dari video tersebut. Proses ini memberikan kontrol penuh untuk menghasilkan video yang lebih berkualitas dan menarik.

 

Tujuan Editing Video 

Tujuan utama dari proses editing video adalah mengubah rekaman mentah menjadi tampilan video yang menarik dan bermakna. Selain itu, video editing memiliki sejumlah tujuan khusus.

- Memotong Klip Video

Proses editing video dengan menghilangkan bagian yang tidak diinginkan untuk meningkatkan fokus dan narasi.

- Membuat Urutan Cerita

Proses menyusun klip untuk menyampaikan cerita atau informasi secara efektif.

- Menambahkan Efek dan Grafis

Video editing dilakukan dengan menambahkan elemen kreatif seperti efek visual serta grafis untuk membangun suasana.

- Penyesuaian Visual dan Audio

Proses ini dilakukan melalui pengaturan tingkat kecerahan, kontras, dan warna, serta mengelola elemen audio seperti dialog, musik, dan efek suara.

- Output dan Rendering

Proses editing video bertujuan untuk menyimpan video dalam format sesuai kebutuhan dengan memperhitungkan kualitas dan ukuran file.

 

Metode Video Editing

Terdapat sejumlah metode editing video yang umumnya digunakan untuk menyunting video. 

  1. Linear Editing (Tape to Tape)

Metode linear banyak digunakan sebelum penggunaan komputer, menggunakan peralatan tradisional seperti tape recorder dan player recorder. Video editing dilakukan secara sederhana dengan mengcopy secara selektif dari satu tape ke tape yang lain.

  1. Non-Linear Editing (Digital Komputer)

Proses editing video menggunakan alat digital untuk merekam, memotong, dan menggabungkan audio serta video. Gambar atau klip disimpan dalam harddisk yang kemudian disunting menggunakan software tertentu.

  1. Live Editing

Metode live editing umumnya dilakukan untuk acara atau event tertentu yang disiarkan langsung, seperti pertandingan sepak bola. Proses video editing dilakukan dengan beberapa kamera dan video yang disambungkan langsung ke pusat mixing dan control sembari diedit saat itu juga.

 

Aplikasi Editing Video

Ada berbagai aplikasi video editing yang digunakan oleh para profesional dan amatir. 

- Windows Movie Maker

Aplikasi editing video ini merupakan aplikasi dasar bagi pengguna Windows.

- LumaFusion

Aplikasi LumaFusion memiliki berbagai fitur yang mudah digunakan oleh para pengguna iOS.

- InShot

InShot adalah salah satu aplikasi yang populer digunakan pengguna smartphone berbasis Android maupun iOS.

- Adobe Premiere Pro

Salah satu software editing video profesional yang sudah terintegrasi dengan aplikasi lain yang sekiranya dibutuhkan dalam proses video editing.

Baca juga: Membuat Video Iklan: Optimalkan Potensi & Strategi Pemasaran

Editing video adalah kemampuan teknis yang dibutuhkan untuk mengubah rekaman mentah menjadi karya yang memikat. Dengan menguasai teknik dan aplikasi video editing, kamu dapat menciptakan video yang tidak hanya informatif, tetapi juga memukau. 

Namun bila kamu mengalami kesulitan untuk hal ini, kunjungilah website KreatorMarket! Dapatkan jasa video editing dari para freelancer berpengalaman yang akan mengubah video kamu menjadi karya luar biasa! Bersiaplah memulai perjalanan untuk menghadirkan video berkualitas demi memenangkan persaingan dunia digital yang terus berkembang dengan klik di sini!

Kategori
Cara Penggunaan
Produk
Tentang Kreator Market
Hubungi Kami
KreatorMarket
© 2023 - PT KREATOR MARKET INDONESIA