Endorse Influencer Marketing untuk Target Digital Marketing

Blog Digital Marketing

influencer marketing

Influencer marketing semakin memantapkan diri sebagai strategi pemasaran populer seiring menjamurnya platform media digital. Influencer mampu menjadi jembatan bagi bisnis untuk membentuk opini dan memengaruhi perilaku konsumen.

Bayangkan, bagaimana kolaborasi dengan individu yang memiliki pengaruh dapat membuka pintu keberhasilan bagi bisnismu? Bersama kita akan mengkaji lebih jauh ke dalam dunia strategi pemasaran yang efektif dan penting ini: influencer marketing.

 

Apa Itu Influencer Marketing?

Influencer atau dalam bahasa Indonesia disebut pemberi pengaruh, adalah seseorang yang memiliki kekuatan untuk memengaruhi orang lain. Biasanya mereka telah dikenal luas oleh publik, seperti artis, atlet, model, atau memiliki banyak pengikut di media digital seperti selebgram, YouTuber, maupun blogger.

Influencer dengan banyak pengikut setia, memiliki kemampuan untuk memengaruhi opini dan perilaku audiens. Sehingga banyak perusahaan ingin menjalin kerja sama dengan mereka untuk melakukan pemasaran maupun promosi produk atau jasa. 

Influencer marketing adalah strategi pemasaran di mana bisnis bekerja sama dengan individu atau kelompok berpengaruh dalam industri tertentu. Influencer dapat membantu memperluas keterjangkauan produk atau jasa serta memengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Keefektifan influencer marketing dapat dilihat dari tingginya tingkat kepercayaan yang dibangun oleh para influencer dengan pengikut mereka. Rekomendasi dari mereka bukan hanya sekadar iklan, melainkan bukti nyata yang dapat meyakinkan calon pelanggan kamu.

 

Jenis Influencer Marketing

Terdapat berbagai jenis influencer berdasarkan platform digital yang mereka gunakan.

  1. Selebgram

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang banyak digunakan oleh para influencer. Mereka yang menjadi figur publik melalui instagram sering disebut sebagai selebgram, singkatan dari selebritas instagram. 

Selebgram umumnya memiliki banyak followers dengan tingkat engagement yang tinggi. Perusahaan melaksanakan strategi influencer marketing melalui kerja sama dengan mereka untuk membagikan bermacam konten endorse produk atau jasa, meningkatkan visibilitas online, serta memengaruhi keputusan pembelian pengikut mereka. 

  1. YouTuber

YouTuber adalah orang-orang yang membagikan video melalui platform YouTube dengan jumlah subscriber yang besar. Banyak topik yang dapat mereka unggah, mulai dari vlog kehidupan sehari-hari, ilmu digital marketing atau finance, maupun berbagai macam tutorial.

Dengan konten audio visual yang menarik, YouTuber mampu membangun hubungan yang dekat dengan audiensnya. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri, sehingga banyak bisnis melaksanakan teknik influencer marketing dengan mempercayakan pemasaran produk atau jasanya kepada mereka.

  1. Blogger

Blogger adalah seseorang yang memiliki serta mengelola blog. Mereka membagikan konten melalui tulisan tentang topik tertentu, mulai dari kesehatan, keuangan, pengalaman pribadi, maupun ulasan produk atau jasa tertentu.

Blogger influencer biasanya memiliki pembaca setia sesuai niche pilihannya. Mereka pun banyak dipercaya oleh perusahaan dalam strategi influencer marketing, untuk mempromosikan produk atau jasanya kepada pada audiens mereka.

 

Manfaat Influencer Marketing untuk Bisnis

Berkolaborasi dengan influencer akan mendatangkan manfaat besar bagi bisnis yang kamu jalankan saat ini.

- Meningkatkan Brand Awareness

Influencer marketing dapat membantu meningkatkan brand awareness dengan mempromosikan produk atau layanan bisnis kepada pengikut setia mereka.

- Meningkatkan Kredibilitas

Rekomendasi dari influencer meningkatkan kredibilitas bisnis karena konsumen cenderung lebih mempercayai saran dari individu yang mereka ikuti dibandingkan iklan.

- Efektivitas Segmentasi Target

Memilih influencer sesuai dengan niche produk atau jasa dapat membuat kampanye pemasaran lebih efektif sebab dapat mencapai audiens potensial.

- Meningkatkan Engagement

Influencer marketing dapat meningkatkan tingkat keterlibatan dan interaksi dengan audiens, melalui diskusi, komentar, maupun membagikan ulang konten kamu.

- Meningkatkan Penjualan

Rekomendasi dari influencer dapat mendorong konsumen untuk membeli, terutama dengan adanya kode diskon atau tautan afiliasi.

Baca juga: Digital Marketing: Kunci Strategi Pemasaran di Era Digital

Menjalin kolaborasi yang baik dengan influencer yang relevan dapat memperluas jangkauan pesan kamu. Pilihlah influencer dengan bijak dan sesuaikan pesan yang akan disampaikan untuk kesuksesan kampanye influencer marketing kamu!

Siap menjangkau audiens potensial dengan influencer marketing? Temukan jasa influencer marketing berkualitas dan jalin kolaborasi yang sukses melalui website KreatorMarket! Jadilah bagian dari kisah kesuksesan bisnis bersama para influencer handal dengan klik di sini sekarang! 

Kategori
Cara Penggunaan
Produk
Tentang Kreator Market
Hubungi Kami
KreatorMarket
© 2023 - PT KREATOR MARKET INDONESIA