Cara Membuat Landing Page Menarik untuk Digital Marketing

Blog Programming & Tekno

 membuat landing page

Dalam era pemasaran digital, landing page menjadi salah satu alat untuk mencapai target penjualan. Dirancang khusus untuk mengarahkan pengunjung menuju tindakan tertentu, landing page membuka pintu bagi efektivitas kampanye pemasaran. Artikel ini akan membahas strategi dalam membuat landing page yang menarik serta manfaatnya dalam dunia digital marketing.

 

Apa itu Landing Page?

Landing page adalah halaman web yang didesain khusus dengan satu tujuan utama, yaitu mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu. Mulai dari pembelian produk atau jasa, pendaftaran akun, mengisi formulir, atau tindakan lain yang sesuai dengan tujuan pemasaran. 

Membuat landing page adalah cara efektif yang fokus pada hasil terukur untuk kampanye pemasaran. Pengunjung biasanya tiba di landing page melalui strategi digital marketing lain seperti iklan berbasis Pay Per Click (PPC), media sosial, hasil pencarian organik, atau email marketing.

Landing page biasanya dilengkapi dengan satu atau dua tombol CTA (Call to Action) yang difokuskan untuk mendorong pengunjung untuk mengambil tindakan. Keberhasilan suatu kampanye pemasaran diukur berdasarkan hasil konversi yang dihasilkan oleh landing page.

Dengan membuat landing page, perusahaan akan mendapatkan data pengunjung potensial. Data ini  perlu disimpan dengan baik oleh bisnis untuk menciptakan strategi pemasaran yang sesuai.

Selain itu, landing page juga dapat digunakan untuk menyelesaikan transaksi dengan lebih cepat. Sebab dalam landing page, pengunjung dapat lebih fokus dan tidak terganggu oleh menu atau tombol navigasi lainnya.

 

Jenis-Jenis Landing Page

Landing page dibuat untuk tujuan kampanye pemasaran yang khusus. Berikut ini, jenis landing page yang banyak digunakan untuk kebutuhan digital marketing.

  1. Lead Generation Landing Pages

Lead Generation Landing Page dirancang untuk mengumpulkan informasi pengunjung atau disebut lead, seperti nama dan alamat email. Data ini didapatkan bila kamu mengisi form tertentu untuk mendapatkan sumber daya gratis seperti tools, e-book atau webinar. Nantinya, data ini akan digunakan untuk menyusun strategi pemasaran yang sesuai.

  1. Click-Through Landing Pages

Click-Through Landing Page dirancang untuk memengaruhi pengunjung. Landing page ini berusaha meyakinkan pengunjung agar mengklik tombol ke halaman lain. Pengunjung diarahkan untuk melakukan tindakan di halaman itu, seperti membeli produk atau jasa, maupun mendaftar uji coba gratis.

 

Mengapa Landing Page Penting?

Landing page memiliki peran penting dalam meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran. Berikut ini alasan pentingnya landing page.

- Meningkatkan Traffic Website

Dengan membuat landing page akan meningkatkan jumlah pengunjung ke situs website. Meningkatnya traffic website akan meningkatkan engagement serta membuat brand lebih dikenal oleh audiens.

- Meningkatkan Tingkat Konversi

Landing page dirancang khusus untuk meningkatkan tingkat konversi. Di sini pengunjung diarahkan untuk melakukan tindakan spesifik, seperti membeli produk atau jasa, maupun mendaftar webinar.

- Alat Promosi Efektif

Landing page dapat menjadi alat digital marketing yang efektif dengan menyajikan informasi promosi terbaru. Dengan membuat landing page, pesan promosi dapat disampaikan tanpa terganggu oleh konten atau tombol lain. 

- Memperoleh Data Leads

Dengan landing page, memungkinkan pengumpulan data leads. Informasi seperti nama pengunjung dan alamat email nantinya dapat digunakan untuk analisis serta perencanaan strategi pemasaran selanjutnya.

 

Cara Membuat Landing Page Efektif

Kamu dapat membuat landing page khusus untuk strategi digital marketing. Inilah komponen yang harus diperhatikan untuk membuat landing page yang efektif agar memaksimalkan hasil kampanye pemasaran.

  1. Elemen Visual

Gunakan gambar, foto, atau video yang menarik untuk merepresentasikan produk atau jasa yang ditawarkan agar menarik perhatian pengunjung.

  1. Judul atau Heading

Buatlah judul atau heading yang menarik untuk memberikan informasi yang jelas tentang bisnis dan produk yang ditawarkan.

  1. Copy atau Teks

Tulis teks atau copy dengan menarik dan mudah dipahami, agar dapat meyakinkan pengunjung untuk mengklik CTA (Call to Action).

  1. Call to Action

Call to Action adalah kunci dari landing page. Pastikan CTA ditulis dengan jelas untuk mengarahkan pengunjung melakukan tindakan spesifik, seperti 'DAFTAR SEKARANG' atau ‘BELI SEKARANG’.

 

Baca juga: Membuat Website: Pahami Pengertian, Unsur & Jenisnya

Membuat landing page yang efektif adalah langkah krusial dalam strategi digital marketing. Dengan memperhatikan desain visual, konten, serta Call to Action, landing page dapat menjadi alat efektif untuk meraih konversi tinggi. 

Jangan ragu mempercayakan pembuatan landing page pada freelancer berpengalaman untuk hasil terbaik dalam kampanye pemasaran kamu. Kunjungi website KreatorMarket dan bersiaplah meraih kesuksesan kampanye pemasaran!

Kategori
Cara Penggunaan
Produk
Tentang Kreator Market
Hubungi Kami
KreatorMarket
© 2023 - PT KREATOR MARKET INDONESIA