Membuat Video Iklan: Optimalkan Potensi & Strategi Pemasaran

Blog Video & Animasi

video iklan

Hasil riset menunjukkan lebih dari 90% masyarakat Indonesia yang berumur di atas 10 tahun lebih gemar menonton tayangan visual dibandingkan membaca. Lebih dari 50 persennya dihabiskan untuk menonton video, terhitung selama kurang lebih 4 jam perharinya.

Hal ini menjadi bukti bahwa video adalah senjata promosi yang ampuh saat ini. Dengan membuat video iklan, kamu bisa menjalankan strategi pemasaran untuk mencapai target bisnis secara efektif.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih jauh, bagaimana video iklan dapat menjadi senjata ampuh untuk membuat produk atau jasa kamu semakin dikenal dan mendapat sorotan.

 

Apa itu Video Iklan?

Video iklan adalah bentuk informasi menarik yang menyajikan suatu produk atau jasa bisnis dalam format media audio visual. Video iklan dibuat untuk memengaruhi serta mendorong konsumen agar tertarik dengan apa yang ditawarkan. 

Dengan memadukan media audio dan visual, pesan yang disampaikan melalui video iklan menjadi lebih jelas. Hal ini membuat video iklan menjadi lebih efektif untuk strategi pemasaran dibandingkan sekadar gambar dan tulisan.

Berbeda dengan era televisi, di mana biaya produksi video iklan yang tinggi menjadi hambatan. Saat ini kemajuan teknologi memungkinkan siapa pun membuat video iklan secara terjangkau dengan smartphone serta perangkat lunak editing yang sesuai.

 

Strategi Pemasaran dengan Video Iklan

Dibandingkan dengan teks atau gambar, kekuatan visual dan narasi yang kuat membuat video iklan lebih mudah dimengerti dan efektif dalam menarik perhatian audiens. Strategi pemasaran melalui video iklan dapat mencapai berbagai tujuan bisnis.

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan video iklan yang muncul secara konsisten di media digital, audiens akan lebih mudah mengenali dan mengingat brand kamu. Hal ini efektif dalam meningkatkan brand awareness.

  1. Meningkatkan Konversi

Video iklan yang memuat Call to Action dapat mendorong audiens untuk melakukan tindakan. Hal ini dapat meningkatkan konversi, seperti membeli produk atau jasa, maupun mendaftar akun.

  1. Keberlanjutan Kampanye Pemasaran

Video iklan dapat digunakan dalam berbagai media untuk beragam kampanye pemasaran. Kamu dapat menggunakan video iklan untuk mempertahankan brand awareness, mengikuti tren, maupun mengenalkan produk baru.

 

Tips Membuat Video Iklan Efektif

Membuat video iklan efektif memerlukan perencanaan matang agar mampu memanfaatkan setiap detiknya dengan baik. Berikut ini sejumlah tips untuk menciptakan video iklan yang menarik.

- Buat Perencanaan

Susun rencana dengan melakukan identifikasi pesan yang ingin disampaikan dan siapa target konsumen. Kemudian buat jalan cerita yang akan membuat audiens terhubung dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

- Perhatikan Durasi

Keterbatasan durasi membuat video iklan harus bisa dimaksimalkan. Usahakan pesan dapat disampaikan dalam waktu singkat, idealnya 30 detik. Bahkan hanya 15 detik untuk media sosial seperti Instagram dan TikTok.

- Maksimalkan 3 Detik Awal

Tarik perhatian audiens dalam 3 detik pertama dengan adegan emosional atau kejutan yang membangkitkan rasa penasaran.

- Tonjolkan Brand

Jangan tunggu hingga akhir video untuk menunjukkan brand. Selain promosi produk atau jasa, sebaiknya kamu mencantumkan detail pada audio maupun visual untuk merepresentasikan brand dari awal hingga akhir.

- Tambahkan Call to Action

Call to Action (CTA) memberikan dorongan bagi audiens untuk melakukan tindakan. Kamu dapat meletakkan CTA di akhir video untuk mengarahkan audiens ke langkah selanjutnya.

Baca juga: Video Editing: Kenali Pengertian Editing Video & Aplikasinya

Dengan menerapkan tips di atas, video iklan dapat menjadi alat efektif untuk meningkatkan eksposur produk atau jasa maupun target pemasaran lain. Ingat untuk membuat video iklan sesuai dengan kebutuhan audiens agar mencapai hasil pemasaran yang optimal.

Kini kamu juga bisa meraih hasil pemasaran maksimal dengan video iklan. Dengan jasa pembuatan video iklan dari freelancer berpengalaman di KreatorMarket, kamu akan mendapatkan karya audio visual yang memikat. Bersiaplah menggunakan strategi pemasaran dengan video iklan untuk mencapai target bisnis lebih efektif! Klik di sini sekarang!

Kategori
Cara Penggunaan
Produk
Tentang Kreator Market
Hubungi Kami
KreatorMarket
© 2023 - PT KREATOR MARKET INDONESIA