Membatalkan Pesanan oleh Penjual/Freelancer

Panduan Panduan Freelancer

KreatorMarket menyarankan Freelancer dan Buyer (Pembeli) sepakat terlebih dulu sebelum membatalkan sebuah pekerjaan agar bermanfaat bagi kedua belah pihak dalam perjanjian tersebut. Seorang Buyer dan Freelancer dapat mengklik tombol 'Permintaan Pembatalan Pekerjaan' di halaman 'Mengelola Pesanan'. Dan Buyer dapat meminta refund/pengembalian uang yang telah dibayarkan dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan di sistem refund KreatorMarket. Ikuti langkah penjelasan dibawah ini.

A. Dengan status sebagai Freelancer, silakan klik 'Pesanan'.

 

B. Klik 'Aktif'.

 

C. Pilih salah satu Pesanan yang ingin dibatalkan.

 

D. Kemudian, Anda akan masuk ke halaman Rincian Pesanan. Dari halaman atas scroll ke bagian bawah halaman.

 

E. Klik tombol 'Minta Batalkan Pesanan'.

 

F. Selanjutnya muncul kotak dialog Minta Batalkan Pesanan. Isi semua kolom seperti gambar di bawah ini.

 

G. Upload foto bukti proses dan hasil pekerjaan Anda. Dan pilih biaya pembatalan sesuai dengan berapa persen Anda telah menyelesaikan keseluruhan Pesanan.

 

H. Kemudian, kembalilah ke halaman Kelola Pesanan. Klik 'Permintaan Batal'.

 

I. Sekarang Pesanan yang sebelumnya Anda minta untuk dibatalkan, masuk ke daftar Pesanan dengan status 'Permintaan Batal'.

 

J. Selanjutnya klik Pesanan yang masuk ke status 'Permintaan Batal'.

 

K. Anda akan masuk ke halaman Rincian Pesanan. Klik tulisan 'Pembatalan'. Maka akan muncul : Rincian data Pesanan yang Anda minta untuk dilakukan pembatalan dan besaran persentase biaya pembatalan yang sebelumnya telah Anda pilih/isi. Pesanan tersebut sedang dalam status Menunggu (tombol merah menunggu) respon dan persetujuan Buyer. Pada kasus tertentu Pesanan juga menunggu persetujuan Admin KreatorMarket, atas Permintaan Batal yang diajukan Freelancer. Perhatikan gambar berikut ini.

 

L. Ketika Buyer menyetujui Permintaan Pembatalan Pesanan Anda, maka akan ada notifikasi di ikon 'Lonceng' di sudut kanan atas halaman web KreatorMarket. Klik pada tulisan notifikasi 'Pesanan Dibatalkan' dengan nama pesanan disampingnya.

 

M. Akan muncul data Rincian Pembatalan yang telah diterima/disetujui oleh Buyer. Sekarang proses Pembatalan Pesanan oleh Freelancer sudah selesai dan berhasil.

 

Freelance Indonesia Customer Service Wordpress Jasa Digital Marketing Edit Foto Jasa Website  Ilustrasi Jasa Branding Bisnis Edit Video Landing Page Ilustrasi Desain Media Sosial. 

 

 

Kategori
Cara Penggunaan
Produk
Tentang Kreator Market
Hubungi Kami
KreatorMarket
© 2023 - PT KREATOR MARKET INDONESIA