Panduan Dasar Mempekerjakan Freelancer

Panduan Panduan Klien

Panduan Dasar Mempekerjakan Freelancer di KreatorMarket

1. Jelaskan kebutuhan Anda (Buyer) kepada Freelancer.
Jelaskan secara detail dan jelas tentang konten atau pekerjaan yang ingin Anda pesan kepada seorang Freelancer. Tanyakanlah segala informasi yang Anda butuhkan sebelum memutuskan untuk merekrut seorang Freelancer, seperti portofolio, pendidikan, pengalaman, harga layanan, waktu pengiriman, revisi dll. Bila dirasa sudah cocok, mintalah Freelancer tersebut untuk mengirimkan Penawaran.

2. Menunggu Freelancer untuk membuat penawaran kerja.
Tunggu Freelancer mengirimkan Penawaran. Selama menunggu Freelancer, Anda dapat mengexplore layanan-layanan dari Freelancer lainnya di marketplace KreatorMarket. Kemudian Anda dapat membandingkan satu dengan yang lain. Dan dapatkan kandidat Freelancer terbaik untuk kebutuhan pekerjaan Anda.

3. Tinjau dan setujui penawaran kerja.
Setelah Freelancer (Penjual) mengirimkan Penawaran, Anda (Buyer) dapat melihat dan meninjau terlebih dulu rincian dalam penawaran tersebut. Perhatikan apakah isi dari Penawaran tersebut sudah sesuai dengan kesepakatan dalam pembicaraan sebelumnya atau tidak. Poin yang penting untuk diperhatikan dalam sebuah Penawaran yang dikirim Freelancer adalah:

  • Judul Penawaran
  • Deskripsi Paket Layanan yang ditawarkan
  • Harga Paket Layanan/Jasa
  • Waktu Pengiriman (durasi kerja)
  • Jumlah Revisi

Jika menurut Anda terdapat poin yang Anda tidak setuju, Anda bisa meminta Freelancer untuk memperbaiki kembali Penawaran sebelum Anda menyetujuinya.

4. Melakukan Pembayaran Pesanan.
Selanjutnya setelah Anda menyetujui Penawaran yang dikirim Freelancer, Anda dapat melanjutkan ke Pembayaran. Di KreatorMarket terdapat berbagai macam opsi untuk melakukan Pembayaran sebuah Pesanan seperti:
Kartu Kredit, Transfer Bank, E-wallet, dan Ritel Outlet (Alfamart, Indomaret, Alfamidi). Setelah Pembayaran berhasil dilakukan, maka status Pesanan yang sudah dibayar tersebut akan menjadi 'Aktif'. Sekarang Freelancer akan mulai bekerja untuk mengerjakan Pesanan Anda.

5. Menunggu Freelancer menyelesaikan Pesanan.
Sekarang Anda tinggal menunggu Freelancer untuk menyelesaikan Pesanan dan mengirim hasil pekerjaan kepada Anda. Selama proses ini, Kreatormarket menyarankan Anda untuk intens berkomunikasi dengan Freelancer. Seperti meminta sketsa rancangan awal, meminta foto hasil pekerjaan pada setiap tahapan kerja, meminta hasil pekerjaan pada waktu setengah jalan dikerjakan, dsb. Hal ini sebaiknya Anda lakukan supaya hasil akhir pekerjaan Freelancer sesuai keinginan dan harapan Anda.

6. Freelancer mengirimkan hasil akhir melalui platform KreatorMarket.
Periksa dan cermati hasil pekerjaan Freelancer yang dikirim kepada Anda, apakah sudah sesuai dengan pesanan dan kesepakatan sebelumnya.

7. Tinjau dan setujui hasil pekerjaan akhir.
Apabila Anda tidak puas dengan hasil pekerjaan yang dikirimkan oleh Freelancer, Anda dapat meminta Revisi dengan mengklik tombol 'Minta Revisi' di halaman 'Rincian Pesanan'. Namun perlu diperhatikan, jumlah Revisi terbatas sesuai dengan yang tertera pada Rincian Pesanan yang sudah Anda bayar sebelumnya. Jadi perlu diperhitungkan sebelum memutuskan untuk meminta Revisi kepada Freelancer.

 

Freelance Indonesia Freelancer Indonesia Desain Logo Customer Service Jasa Desain Grafis Edit Foto Edit Video Blog Marketing Branding Bisnis Desain Interior Animasi 3D.

Kategori
Cara Penggunaan
Produk
Tentang Kreator Market
Hubungi Kami
KreatorMarket
© 2023 - PT KREATOR MARKET INDONESIA