Animasi: Pengertian, Jenis & Penerapannya dalam Bisnis

Blog Video & Animasi

Pengertian Animasi, Jenis & Penerapan Animasi dalam BisnisKamu mungkin tidak menyadari terobosan besar animasi dalam dunia bisnis. Gambar animasi yang sebelumnya dinikmati sebagai bagian seni dan hiburan, kini dapat menjadi senjata bisnis dalam meraih kesuksesan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana animasi memiliki peran dalam mendukung perkembangan bisnis. Mulai dari pengertian animasi, jenis animasi, hingga mengungkap cara bisnis dapat mengambil manfaat maksimal dari keajaiban animasi ini.

 

Pengertian Animasi

Animasi adalah gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan objek yang disusun secara beraturan. John Halas, seorang animator terkenal, menjelaskan animasi sebagai seni menciptakan ilusi gerakan dalam gambar yang sebenarnya diam. 

Animasi merupakan proses membuat gambar bergerak dengan cara menampilkan serangkaian gambar statis secara berurutan pada kecepatan tinggi. Ini menciptakan efek visual yang memberikan kesan bahwa objek atau karakter sedang bergerak. Gambar atau objek yang dimaksud dapat berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. 

 

Jenis-jenis Animasi

Terdapat beberapa jenis animasi dengan karakteristik yang berbeda

  1. Animasi 2D

Animasi 2 dimensi dikenal juga sebagai flat animation. Animasi ini melibatkan gambar dan karakter berbentuk dua dimensi kemudian menyusunnya dalam frame-frame berurutan untuk menghasilkan gerakan. 

Animasi 2 dimensi memiliki karakter polos dan tidak bervolume. Animasi 2D sering digunakan dalam film animasi klasik dan kartun seperti Mickey Mouse.

  1. Animasi 3D

Animasi 3 dimensi dihasilkan dengan bantuan teknologi berupa software animasi. Gambar dan karakter 3 dimensi terlihat lebih hidup, realistis, dan detail.

Animasi 3D diciptakan dengan manipulasi objek 3 dimensi kemudian memposisikannya pada tiap frame untuk menggerakkannya. Animasi 3 dimensi umumnya digunakan dalam game, efek visual, maupun film seperti Toy Story.

  1. Animasi Stop-Motion

Animasi stop-motion melibatkan objek fisik yang dibuat dengan kerangka khusus. Objek fisik ini difoto dalam posisi yang berubah-ubah secara kecil untuk menciptakan ilusi gerakan. 

Animasi stop motion dibuat dalam waktu cukup lama dengan proses rumit serta biaya yang tinggi. Contoh terkenal dari animasi stop motion adalah Shaun The Sheep.

  1. Animasi Infografis

Animasi infografis digunakan untuk menjelaskan informasi dan data melalui visual yang menarik dan mudah dimengerti. Dibuat menggunakan kombinasi gambar, ilustrasi, grafik, bagan, teks, dan elemen animasi lain untuk menambah gerakan.

Animasi infografis merupakan peningkatan dari presentasi konvensional yang sering digunakan. Saat ini, animasi infografis banyak digunakan dalam presentasi bisnis dan pendidikan untuk memikat perhatian audiens.

  1. Animasi GIF

Animasi GIF bisa disebut juga sebagai animasi gerak yang sekilas terlihat seperti video. GIF dibuat dengan teknik animasi sederhana menggunakan prinsip dasar animasi dalam bentuk gambar-gambar yang saling berhubungan.

  1. Animasi Jepang (Anime)

Anime adalah sebutan tersendiri untuk animasi yang berasal dari Jepang. Anime biasanya menggunakan karakter dan background yang digambar dengan tangan dan sedikit bantuan komputer.

Salah satu ciri khas dari anime adalah dianimasikan dalam durasi 3 detik, artinya ada gambar baru setiap tiga frame. Hal ini memungkinkan animator Jepang untuk menggambar lebih detail karena gambar yang dibutuhkan lebih sedikit.

 

Penerapan Animasi dalam Bisnis

Animasi banyak digunakan dalam strategi bisnis modern. Berikut adalah beberapa penerapan efektif gambar animasi dalam dunia bisnis untuk meningkatkan daya tarik perusahaan kamu.

  1. Loading Pages

Jangan biarkan pengunjung situsmu menatap layar kosong saat menunggu loading website. Manfaatkan gambar animasi untuk ditempatkan pada loading pages agar terlihat lebih unik. 

Animasi yang menarik akan memberikan pengalaman lebih menyenangkan bagi pengunjung. Kamu juga dapat memasukkan unsur brand kamu untuk meningkatkan kesan positif.

  1. Transisi

Website atau aplikasi bisnis dengan tampilan statis akan terlihat membosankan. Coba tambahkan transisi animasi seperti swipes atau wipes.

Meskipun terkesan sederhana, gambar animasi akan memberikan kesan tersendiri. Hal ini juga dapat meningkatkan daya tarik website dan aplikasi yang kamu kelola.

  1. Iklan

Biasanya, billboard iklan digunakan sebagai media promosi statis. Namun, menambahkan animasi dalam iklan billboard dapat membuatnya lebih unik dan menarik. 

Billboard animasi kamu akan terlihat menonjol sehingga dapat menyampaikan pesan iklan lebih efektif.

  1. Logo

Logo adalah unsur penting dalam branding bisnis. Untuk meningkatkan daya tarik logo, coba tambahkan elemen gambar animasi. 

Kamu dapat memasukkan logo animasi di situs website, iklan maupun video promosi lain. Hal ini tidak hanya menciptakan identitas visual yang kuat, tetapi juga menarik perhatian audiens.

  1. Video Tutorial

Untuk memberikan informasi produk atau jasa dengan lebih baik, pertimbangkan untuk membuat video tutorial menggunakan gambar animasi.

Dengan gambar animasi dan storytelling yang kreatif, kamu dapat membuat tutorial jadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh audiens.

 

Baca juga: Desain Grafis: Pengertian, Skill, dan Prospek Kerja

Penerapan animasi dalam bisnis dapat menjadi keunggulan tersendiri. Mampu menghadirkan konsep dan informasi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti, animasi berkontribusi signifikan pada kesuksesan bisnis.

Jadi, jangan ragu memanfaatkan animasi untuk meningkatkan daya tarik bisnis kamu. Temukan jasa animasi yang kamu butuhkan di Kreatormarket! Dan bersiaplah memulai perjalanan menuju kesuksesan bisnis kamu!

Kategori
Cara Penggunaan
Produk
Tentang Kreator Market
Hubungi Kami
KreatorMarket
© 2023 - PT KREATOR MARKET INDONESIA