22 Elemen Penting Desain Website untuk Situs Web Bisnis

Blog Desain Grafis

desain web

Desain website menjadi hal pertama yang mempertemukan bisnis dengan para pengunjung. Memiliki situs web dengan tampilan menarik tak hanya meningkatkan pengalaman pengguna, melainkan berpengaruh juga terhadap SEO.

Dengan menciptakan desain website yang SEO friendly, peringkat situs web perusahaan akan semakin tinggi. Untuk itulah, bisnis perlu mempertimbangkan sejumlah elemen penting dalam desain website.

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari bersama bagaimana peran elemen desain website untuk bisnis online. Mulai dari pengertian desain website, hingga jenis elemen yang penting bagi kredibilitas bisnis serta branding perusahaan.

 

Apa itu Desain Website?

Desain website atau web design adalah desain visual yang diaplikasikan dalam media digital berupa situs web. Ini mencakup keseluruhan tampilan situs web yang kamu akses melalui internet. Mulai dari tata letak, struktur navigasi, hingga keamanannya.

Situs web yang dirancang secara profesional berpengaruh positif dalam meningkatkan kredibilitas bisnis online. Artinya desain website memegang peran penting untuk membangun brand serta menjaga reputasi perusahaan.

 

Pentingnya Desain untuk Situs Web

Mempertimbangkan elemen penting desain website adalah kunci dalam merancang pengalaman terbaik bagi pengguna kamu. Hal ini tidak hanya memengaruhi kesan visual, tetapi juga berdampak terhadap bagaimana pengguna berinteraksi dengan perusahaan kamu. 

Kehadiran elemen desain website yang tepat dapat memberikan daya tarik yang tinggi bagi situs webmu. Hal ini bisa mendatangkan konsumen baru, meningkatkan kepercayaan pengguna, serta memperkuat hubungan dengan merek kamu.

 

Elemen Penting Desain Website

Desain website yang efektif membutuhkan elemen-elemen kunci yang membentuk fondasi situs web tersebut. Apa saja elemen-elemen penting itu?

  1. Tata Letak atau Layout

Situs web harus mempertimbangkan penyusunan letak elemen-elemen desain untuk memudahkan user. Perhatikan hierarki dan keseimbangan elemen serta tata letak yang responsif dan konsisten di berbagai perangkat.

  1. Pemilihan Font

Perhatikan pemilihan font yang jelas dan kontras terhadap background desain website agar mudah dibaca oleh pengguna. Gunakan maksimal 2 jenis font berbeda dalam satu situs web. Pertimbangkan ukuran font untuk menandai skala prioritas informasi.

  1. Konten

Konten adalah informasi yang kamu tampilkan di situs web, berupa teks, gambar, video, audio, maupun kombinasi dari semuanya. Konten SEO friendly serta kejelasan pesan adalah aspek teknis yang perlu diperhatikan.

  1. Kombinasi Warna

Penting untuk menggunakan kombinasi warna yang tepat dalam desain website. Kamu dapat memilih warna sesuai identitas brand bisnismu, kemudian manfaatkan gradasi warnanya. Hindari warna-warna primer untuk background, sebab akan mengganggu mata pengguna.

  1. Navigasi

Navigasi dapat memudahkan pengguna untuk menemukan konten atau kategori lain yang mereka cari. Kamu dapat meletakkan navigasi di bagian atas situs web agar mudah ditemukan oleh pengguna.

  1. Tombol Pencarian

Selain navigasi, kamu perlu memasang tombol pencarian dalam desain websitemu. Ini memberikan kebebasan bagi pengguna untuk menemukan apapun yang mereka cari. 

  1. Halaman Tentang (About Us)

Halaman About Us bermanfaat untuk menyajikan informasi tentang bisnis kamu, seperti sejarah terbentuknya hingga visi dan misi perusahaan. Kamu juga dapat menampilkan foto atau gambar yang mencitrakan bisnis kamu.

  1. Halaman Kontak

Halaman kontak memudahkan pengguna untuk menghubungi bisnis kamu dengan mengirim pesan atau mengisi informasi melalui formulir. Cantumkan alamat perusahaan, nomor telepon serta alamat email bisnis kamu.

  1. Footer Informatif

Footer situs web dapat digunakan untuk mengulang informasi penting tentang bisnis kamu. Kamu dapat menautkan link ke kategori, produk, maupun memberikan informasi kontak.

  1. Halaman Beranda

Halaman beranda atau homepage sebuah situs web harus didesain memikat untuk menarik perhatian pengguna. Kamu dapat menyertakan gambar atau video tentang bisnis kamu dalam desain website. Ingat untuk tetap mempertimbangkan kecepatan situs webmu.

  1. Ruang Kosong

Ruang kosong bermanfaat sebagai pemisah antarelemen desain website. Pemanfaatan ruang kosong yang tepat dapat membantu menciptakan situs web yang bersih dan seimbang.

  1. Kualitas Gambar

Perhatikan kualitas foto atau ilustrasi dalam desain website bisnis kamu. Pertimbangkan ukuran file, resolusi, serta ketajaman warna dari gambar yang akan kamu cantumkan.

  1. Aspek Visual

Elemen desain website juga melibatkan aspek visual seperti tipografi, grafis, serta teknik artistik lain. Optimalkan aspek visual untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

  1. Desain Responsif

Situs web yang responsif dapat menyesuaikan tampilan dalam berbagai perangkat, baik PC, tablet, maupun smartphone

  1. Aksesibilitas

Aksesibilitas mengharuskan pengoptimalan elemen situs web agar dapat diakses oleh semua orang, termasuk pengguna dengan disabilitas.

  1. Branding

Kamu dapat menampilkan citra brand dengan penggunaan logo, font, serta warna yang relevan dalam seluruh situs web.

  1. Integrasi Media Sosial

Kamu dapat mengintegrasikan media sosial dalam desain website bisnis kamu. 

  1. Testimoni atau Ulasan

Kamu dapat menambahkan testimoni atau ulasan dari pelanggan yang pernah membeli produk atau jasa dari perusahaanmu dalam desain website. Hal ini akan membantu meyakinkan para pelanggan baru.

  1. Dukungan Pelanggan

Dukungan pelanggan menjadi satu elemen penting dalam desain website. Memanfaatkan chatbot atau melalui formulir pertanyaan dalam situs web dapat meningkatkan pengalaman pengguna.

  1. Keamanan

Keamanan situs web memberikan jaminan bagi pengguna terhadap data mereka. Keamanan server dan database juga penting untuk melindungi situs web dari ancaman hacker dan masalah keamanan lain.

  1. Fungsi E-commerce

Kalau bisnismu ingin menjalankan transaksi melalui situs web, perlu untuk menambahkan fungsi e-commerce dengan katalog produk serta sistem pembayaran yang aman dalam desain website.

  1. Search Engine Optimization (SEO)

Teknisnya, optimasi mesin pencari melibatkan riset kata kunci maupun pengoptimalan tag meta. Dengan SEO, situs webmu dapat memeroleh peringkat tinggi di SERP.

Baca juga: Membuat Website: Pahami Pengertian, Unsur & Jenisnya

Membangun situs web yang unggul memerlukan pemahaman tentang elemen-elemen desain website untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Dengan desain website yang memikat akan mendukung kesuksesan bisnis secara keseluruhan.

Jika kamu ingin membangun situs web yang mengesankan, kunjungilah website KreatorMarket! Temukan jasa desain website dari para freelancer berpengalaman. Dan bersiaplah mendapat banyak pelanggan untuk mencapai kesuksesan bisnismu dengan klik di sini!

Kategori
Cara Penggunaan
Produk
Tentang Kreator Market
Hubungi Kami
KreatorMarket
© 2023 - PT KREATOR MARKET INDONESIA